Salam Sehat Salam Bahagia

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Nangka Belanda Obat Kanker Alami dan Pelembab Alami Kulit

apoteekhidup.blogspot.com
Sirsak / Nangka Belanda
Nangka belanda atau sirsak belakangan ini menjadi sangat populer di dunia kesehatan berkat khasiatnya dalam mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Sirsak memiliki nama latin Anona muricata. Tanaman yang sekarang sangat populer berkat khasiat daun dan buahnya ini berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam. Karena itu pula sebagian besar masyarakat Indonesia menyebut buah sirsak dengan nama nangka belanda. Selain buahnya yang manis daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Bahkan bijinyapun berguna untuk menjaga kesehatan. Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.



Buah sirsak memiliki kandungan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.



Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi. Berikut ini berbagai macam manfaat buah sirsak dalammencegah dan mengobati penyakit.

·       Mencegah kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

·      Melancarkan Buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika kita mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

·       Menghilangkan Kolesterol Jahat
Serat yang terkandung dalam buah sirsak berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dan mempermudah kolesterol tersebut keluar dari dalam tubuh sehingga yang tersisa hanya tinggal kolesterol baik saja. Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu bagi yang bermasalah dengan kolesterol sangat dianjurkan minum jus buah sirsak secara teratur.
Herbal Obat kolesterol lain = talok/kersen

·       Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Penuaan Dini
Selain kaya akan serat buah sirsak juga kaya akan vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bagi tubuh yang sebesar 60 mg kita hanya perlu mengkonsumsi 300 gram buah sirsak setiap hari. Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, mengatasi radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini.
Herbal lain peningkat daya tahan tubuh = Kersen / talok

·       Menjaga Kelembaban Kulit
Kulit kering bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan kulit tubuh.

·       Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium buah sirsak juga diperkaya mineral lain yaitu tembaga yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

·       Meningkatkan Energi
Selain aroma segar yang bisa membuat mood kembali bergairah buah sirsak juga mengandung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energy.

·       Meredakan Migrain
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

·       Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

Penjelasan manfaat daun sirsak dapat dibaca disini
Sumber Gambar : Lintas.me

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan : Nangka Belanda Obat Kanker Alami dan Pelembab Alami Kulit"

Post a Comment